Industri pengolahan menjadi sektor yang paling kontributif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022. PDB nasional kuartal II/2022 tumbuh 5,44 persen YoY.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Jumat (5/8/2022), industri pengolahan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi, yakni sebesar 0,82 persen.

Di bawahnya, ada sektor transportasi dan pergudangan dengan kontribusi sebesar 0,76 persen, pergudangan 0,58 persen, informatika dan komunikasi (infokom) 0,50 persen, dan sektor lain-lain 2,78 persen.

Pertumbuhan tersebut disumbangkan oleh sejumlah sektor, terutama industri makanan dan minuman (mamin) sebesar yang tumbuh 3,68 persen serta tekstil dan pakaian jadi sebesar yang tumbuh 13,74 persen.

"Pertumbuhan industri mamin didorong peningkatan konsumsi saat ramadan dan idulfitri, meskipun tertahan oleh menurunnya ekspor CPO dan minyak goreng," ujar Kelapa BPS Margo Yuwono, Jumat (5/8/2022).

Sementara itu, lanjutnya, untuk pertumbuhan industri tekstil dan pakaian jadi didorong oleh permintaan pakaian jadi saat momen ramadan dan idulfitri.

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com