Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meyakini, Indonesia akan menjadi produsen sepatu nomor satu di dunia. Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Zulhas tersebut saat mengunjungi Indo Leather & Footwear di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Sekarang lihat pameran industri sepatu kita, saya berbangga ya mudah-mudahan waktu dekat kita bisa menjadi produsen nomor satu di dunia," ungkap Zulhas dikutip dari Instagram Kementerian Perdagangan, Minggu (6/8/2023).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk menghilangkan hambatan tarif pada negara tujuan ekspor. Salah satunya Uni Eropa.

Dia mengatakan, dengan hilangnya hambatan tarif ini diharapkan produk Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

"Yang pemerintah kerjakan menyelesaikan segera mungkin hambatan-hambatan tarif negara tujuan ekspor seperti EU. Mudah-mudahan tahun ini EU-CEPA bisa kita selesaikan sehingga teman-teman nanti kalau jualan ke EU bisa bersaing dengan Vietnam Thailand yang pajaknya nol," terangnya.

Zulhas juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pameran Jakarta x Beauty 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center. Dalam kunjungan itu, Zulhas mengatakan, produk Indonesia tak kalah dengan produk manapun.

"Produk kita tidak kalah Korea Tiongkok, di manapun lah. Produk-produk kita baik kualitas maupun kemasannya tidak kalah lagi," sambungnya.

Sumber: https://finance.detik.com