Mengubah Waktu dari “Biasa” Menjadi “Luar Biasa”

Siapa yang hidup di dunia ini yang tidak bergantung pada waktu? Tidak ada kan? Setiap makhluk hidup harus berjalan di koridor WAKTU. Ada waktu di mana kita sukses dan ada waktu kita gagal, ada waktu senang ada juga waktu yang membuat kita sedih. Semuanya akan terus bergulir & akan kita tinggalkan.

Di Indonesia, waktu merupakan ukuran atau gambaran "saat/moment" yang sama, untuk menggambarkan saat baik maupun saat buruk. Begitu juga bahasa Inggris "TIME" atau pun bahasa Mandarin 时间 (shíjiān) atau bahasa-bahasa lainnya. Waktu ya waktu, tidak ada perbedaannya. Namun, di bahasa Yunani kata ”waktu” itu ada 2 makna yaitu:

1. Chronos / Χρόνος yang menggambarkan saat / waktu yang berlalu & tidak memiliki arti apa-apa.

2. Kairos / καιρός yang menggambarkan saat atau waktu yang mempunyai arti yang sangat berharga.

Dalam bahasa Yunani ini kita belajar 1 hal tentang waktu, apakah kita hanya akan membiarkan waktu kita berlalu & mengalir begitu saja yang disebut sebagai Chronos, ataukah kita mau membuat setiap detik waktu kita berjalan dengan baik yang mana momen-momen tersebut akan kita kenang terus sebagai Kairos, atau waktu yang memiliki arti yang sangat berharga.

Lalu bagaimana caranya mengubah waktu kita dari biasa-biasa aja menjadi luar biasa & menjadi waktu baik (Kairos)?

Jawabannya sangat sederhana. Sudahkah kita merencanakan waktu kita dengan baik? Sudahkah waktu-waktu yang terpenting dalam hidup ini di masukkan dalam agenda?

Sebab hidup ini sesungguhnya penuh arti. Mari jadikan setiap waktu yang terjadi tidak berlalu begitu saja. Waktu kita boleh berlalu dengan penuh arti dan makna yang besar. Ingat apa yang dikatakan oleh Benjamin Franklin: "Lost time is never found again". Oleh karenanya gunakan waktu kita dengan penuh kearifan & rencanakan!

"Time changes everything except something within us which is always surprised by change." Thomas Hardy

Have a GREAT day!

Sumber: http://www.andriewongso.com