Strategi Konsisten

“Di dunia ini ada 2 tipe orang: Tipe Landak dan Tipe Serigala," begitu tulis Isaiah Berlin yang sangat terkenal dengan metafora ini.

Serigala mengetahui banyak hal. Ia licik dan pintar. Ia cepat dan lincah. Ia selalu mencari dan mencari strategi-strategi baru untuk memukul lawannya serta tetap eksis di hutan, tempat hidupnya yang dirasakannya makin tambah sempit untuk mereka berdua.

Landak, di pihak lain, mengetahui hanya satu hal besar. Ia sederhana. Ia menggunakan hanya satu strategi untuk menang, tapi ia mengeksekusinya dengan sempurna dan tidak ada cacat sama sekali. Ketika Serigala mencoba menyerangnya, Landak akan melindungi dirinya dengan duri-duri yang dimilikinya yang ia tahu merupakan satu-satunya namun strategi terbaik yang dimiliknya.

Jadi, setiap kali mereka berhadapan, Serigala akan mencoba strategi yang baru yang dirancangnya dengan sangat lihai. Tapi Landak selalu saja tampil sebagai pemenang. Tidak masalah apa strategi baru Serigala, Landak hanya perlu membungkukkan tubuhnya menjadi seperti bola yang akan membuka semua duri-durinya sehingga bagian tubuhnya aman dari jangkauan sang predator,  bahkan mampu memukul mundur Serigala dan memaksanya kabur dengan luka-luka di sekujur tubuhnya.

Apa inspirasi cerita di atas ini?

Lihatlah usaha-usaha seseorang yang ingin hidup lebih sehat. Ada yang mencoba cara pintar dengan menggunakan obat, latihan di pusat kebugaran, menggunakan diet ini dan diet itu. Seringkali, hasil awalnya tampak bagus, tapi pada akhirnya tidak berhasil. Tidak jarang malahan mendatangkan cidera atau kerusakan-kerusakan tubuh karena dilakukan berlebihan.

Beda dengan cara landak yang pelan namun pasti. Strateginya tidak macam-macam. Namun konsisten dilakukan terus. Strategi ini sesungguhnya jauh lebih efektif. Strategi apa yang saya namakan sebagai…. STRATEGI KONSISTEN.

”Our character is basically a composite of our habits. Because they are consistent, often unconcious patterns, they constantly, daily, express our character.” Stephen Covey

”Give your clients the earliest delivery consistent with quality - whatever the inconvenience to us.” Arthur C. Nielsen

Have a GREAT Day!

Sumber: http://www.andriewongso.com