6 Kerangka Berpikir Akan Informasi

Dalam dunia yang sangat penuh dengan informasi ini, Edward de Bono di banyak tahun yang lalu telah menawarkan sebuah pemikiran tentang bagaimana kita mengelompokkan informasi itu. Ada 6 tipe kelompok informasi yang sederhana tapi mengena.

SEGITIGA: Sebuah TUJUAN, artinya informasi ini memiliki sebuah arah yang jelas yang perlu untuk kita ketahui untuk suatu kebutuhan spesifik. Misalkan, informasi tentang seminar yang penting dimana anda tertarik untuk mengikutinya.

LINGKARAN: Sebuah AKURASI, seperti target kalau kita menembak, sebuah lingkaran menunjukkan kalau informasi ini, yang paling akurat yang dapat kita pakai untuk suatu kebutuhan, seperti sebuah data statistik yang kita cari lama tetapi baru kali ini kita temukan dan ini sangat akurat dan kita butuhkan.

SEGI EMPAT SAMA SISI: Sebuah SUDUT PANDANG, setiap sisi dari keempat sisi kotak yang sama sisi itu memiliki panjang yang sama, tetapi berada pada keadaan yang berbeda. Informasi yang sama dapat dilihat dari cara pandang yang berbeda. Kita melihat informasi itu dari sudut tertentu, nah informasi yang dilihat dari sudut yang bermacam macam ini lah sebuah segi empat sama sisi.

HATI: Sebuah KETERTARIKAN. Gambar hati berarti sebuah rasa sayang, cinta, ketertarikan. Informasi yang kita beri tanda hati artinya ini merupakan informasi yang sangat kita sukai, dan mungkin akan kita baca lagi lain kali dengan lebih hati2.

WAJIK: Sebuah NILAI. Wajik, atau dalam permainan kartu adalah DIAMOND, memiliki asal muasal sebuah COINS atau PENTACLES dalam tarot, yang artinya mata uang, value, nilai, berharga. Nah informasi dengan tanda wajik adalah informasi yang mempunya banyak nilai buat kita dan sangat berharga. Mungkin menggantikan tanda Dollar Sign yang juga berarti nilai.

SEGI EMPAT: Sebuah KONKLUSI. Seperti sebuah kalimat atau kata yang kita yang dikotaki dengan garis, maka hal itu adalah hal keputusan, atau konklusi, atau hasil akhir dari seluruh hal yang anda baca. Bujur sangkar, kotak yang tidak sama sisi kesamping ini, adalah sebuah informasi2 yang merupakan sebuah ringkasan, atau hal2 final yang sudah tuntas dan selesai.

Ke-enam model ini dapat kita pakai sebagai tanda dicatatan samping terhadap hal2 yang kita baca, dapat kita pakai sebagai alur pemikiran kita akan informasi itu untuk apa, dan dapat pula kita pakai sebagai kerangkan diskusi akan sebuah informasi.

SUmber: http://tanadisantoso.com