Kemenperin optimistis target pertumbuhan industri 2017 tercapai

Kementerian Perindustrian menyampaikan optimismenya bahwa target pertumbuhan industri 2017 sebesar 5,4 persen atau 0,1 persen di atas target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai hingga akhir tahun.

“Sampai akhir tahun kita harapkan bagus ya. Semoga bisa sampai 5,4 persen,” kata Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Haris menyampaikan, Indeks Daya Saing yang dipublikasikan World Economic Forum (WEF) berdampak positif terhadap industri, sehingga diharapkan pertumbuhannya semakin membaik hingga akhir tahun.

Haris menambahkan, indeks daya saing tersebut menunjukkan bahwa daya beli masyarakat Indonesia masih terbilang baik dan tidak terlalu mengkhawatrkan, salah satunya terlihat dari hasil penjualan kendaraan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Hingga acara ditutup, sebanyak 21 ribu kendaraan terjual pada pameran itu, di mana angka tersebut lebih besar dibandingkan angka penjualan tahun sebelumnya yakni 20.384 unit.

“Di berbagai pameran kita lihat daya beli masih tidak menurun. Publikasi yang negatif itu justru membuat orang wait and see. Nanti dampaknya tidak baik. Buktinya indeks daya saing kita meningkat,” ujar Haris.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, Kementerian Perindusrtrian bertekad memacu pertumbuhan industri pengolahan non migas di tengah kondisi perekonomian global yang masih sulit.

Melalui deregulasi yang dilakukan pemerintah, diharapkan mampu menciptakan iklim investasi yang kondusif serta memudahkan para pelaku industri berusaha di Indonesia.

“Kami optimistis pertumbuhan industri nasional pada semester selanjutnya dapat lebih baik lagi seiring implementasi berbagai paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Airlangga.

Sumber: http://www.antaranews.com